Apa Itu Profil Pelajar Pancasila?

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:






Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara..

Akhlak Beragama
Dalam elemen ini berarti seorang murid mampu ataupun memiliki: 
  • Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa 
  • Pemahaman agama/kepercayaan 
  • Pelaksanaan ajaran agama/kepercayaan
Akhlak Pribadi
Dalam elemen ini berarti seorang murid mampu menunjukkan ataupun memiliki: 
  • Integritas (sebagai bentuk penghormatan terhadap diri sendiri dalam relasi dengan orang lain) 
  • Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual 
Akhlak kepada manusia
Dalam elemen ini berarti seorang murid mampu menunjukkan: 
  • Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan 
  • Berempati kepada orang lain 

Akhlak kepada Alam 
Dalam elemen ini berarti seorang murid mampu menunjukkan: 
  • Menjaga lingkungan 
  • Memahami keterhubungan ekosistem bumi 
Akhlak Bernegara 
Dalam elemen ini seorang murid mmapu menunjukkan: 
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara 

Berkebinekaan Global 
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. 

Bergotong Royong 
Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. 

Mandiri 
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Bernalar Kritis 
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Kreatif 
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.