A. Membaca buku teks IPA.
B. Menggambar pohon.
C. Mengumpulkan dan membandingkan daun dari beberapa jenis
pohon.
D. Menulis esai tentang hewan peliharaan.
Pembahasan 1:
C. Mengumpulkan dan membandingkan daun dari beberapa jenis
pohon adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena
melibatkan pengamatan variasi ciri makhluk hidup di sekitarnya.
2:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa
siswa harus mampu "mengidentifikasi dampak perubahan iklim terhadap
ekosistem." Kegiatan yang dapat membantu siswa mencapai KD ini adalah:
A. Mengecat pagar di sekitar sekolah.
B. Membaca novel fiksi ilmiah.
C. Membuat makalah tentang sejarah perubahan iklim.
D. Mengamati perubahan dalam populasi hewan dan tumbuhan di
suatu area tertentu.
Pembahasan 2:
D. Mengamati perubahan dalam populasi hewan dan tumbuhan di
suatu area tertentu adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini
karena melibatkan pengidentifikasian dampak perubahan iklim terhadap ekosistem.
3:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa
harus mampu "mendeskripsikan siklus hidup makhluk hidup." Aktivitas
yang paling sesuai untuk mencapai KD ini adalah:
A. Memasak makanan.
B. Bermain game komputer.
C. Menggambar benda-benda di sekitar.
D. Mengamati perkembangan tumbuhan dari biji hingga dewasa.
Pembahasan 3:
D. Mengamati perkembangan tumbuhan dari biji hingga dewasa
adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena melibatkan
deskripsi siklus hidup makhluk hidup.
4:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa
siswa harus mampu "menggunakan alat ilmiah dalam eksperimen
laboratorium." Contoh alat ilmiah yang dapat digunakan dalam eksperimen
ini adalah:
A. Kamera.
B. Teleskop.
C. Mikroskop.
D. Mesin cuci.
Pembahasan 4:
C. Mikroskop adalah contoh alat ilmiah yang digunakan dalam
eksperimen laboratorium untuk memeriksa struktur mikroskopis benda-benda.
5:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa
harus mampu "mendeskripsikan sifat-sifat air." Aktivitas yang paling
sesuai untuk mencapai KD ini adalah:
A. Menyanyikan lagu tentang angin.
B. Mengukur suhu udara.
C. Membuat model gunung berapi.
D. Mengeksperimen dengan air untuk mengamati apakah
mengambang atau tenggelam.
Pembahasan 5:
D. Mengeksperimen dengan air untuk mengamati apakah
mengambang atau tenggelam adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD
ini karena melibatkan deskripsi sifat-sifat air.
6:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa
siswa harus mampu "mengidentifikasi reaksi kimia dalam kehidupan
sehari-hari." Contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah:
A. Menyalakan lilin.
B. Berbicara di telepon.
C. Bersepeda.
D. Menari di panggung.
Pembahasan 6:
A. Menyalakan lilin adalah contoh reaksi kimia dalam kehidupan
sehari-hari, di mana lilin mengalami pembakaran yang merupakan reaksi kimia.
7:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa
harus mampu "menggambarkan perbedaan antara benda hidup dan benda
mati." Contoh benda hidup adalah:
A. Batu.
B. Bunga.
C. Gelas.
D. Kertas.
Pembahasan 7:
B. Bunga adalah contoh benda hidup karena memiliki
sifat-sifat makhluk hidup seperti pertumbuhan dan pergerakan.
8:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa
siswa harus mampu "menganalisis data eksperimen untuk menyimpulkan
hasilnya." Tujuan utama dari analisis data eksperimen adalah:
A. Membuat gambar yang indah.
B. Menemukan fakta baru.
C. Menghasilkan grafik yang menarik.
D. Mencapai kesimpulan tentang hasil eksperimen.
Pembahasan 8:
D. Mencapai kesimpulan tentang hasil eksperimen adalah
tujuan utama dari analisis data eksperimen, yang dapat membantu siswa memahami
hasil dari eksperimen yang telah dilakukan.
9:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa
harus mampu "mendeskripsikan peran matahari dalam ekosistem." Salah
satu peran matahari dalam ekosistem adalah:
A. Menyediakan oksigen.
B. Menghasilkan panas.
C. Membentuk batuan.
D. Mengontrol cuaca.
Pembahasan 9:
B. Menghasilkan panas adalah salah satu peran matahari dalam
ekosistem karena panas matahari merupakan sumber energi utama yang memengaruhi
kehidupan di Bumi.
10:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa
siswa harus mampu "mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar genetika dalam
pewarisan sifat." Salah satu prinsip dasar genetika adalah:
A. Hukum gravitasi.
B. Hukum termodinamika.
C. Hukum Mendel.
D. Hukum Gauss.
Pembahasan 10:
C. Hukum Mendel adalah salah satu prinsip dasar genetika
yang menggambarkan bagaimana sifat-sifat keturunan diturunkan dari generasi ke
generasi melalui pewarisan gen.
0 Comments
Post a Comment