1: KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa harus mampu "mengamati variasi ciri makhluk hidup di sekitarnya." Aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini adalah:

A. Membaca buku teks IPA.

B. Menggambar pohon.

C. Mengumpulkan dan membandingkan daun dari beberapa jenis pohon.

D. Menulis esai tentang hewan peliharaan.

Pembahasan 1:

C. Mengumpulkan dan membandingkan daun dari beberapa jenis pohon adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena melibatkan pengamatan variasi ciri makhluk hidup di sekitarnya.

 

2:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa siswa harus mampu "mengidentifikasi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem." Kegiatan yang dapat membantu siswa mencapai KD ini adalah:

A. Mengecat pagar di sekitar sekolah.

B. Membaca novel fiksi ilmiah.

C. Membuat makalah tentang sejarah perubahan iklim.

D. Mengamati perubahan dalam populasi hewan dan tumbuhan di suatu area tertentu.

Pembahasan 2:

D. Mengamati perubahan dalam populasi hewan dan tumbuhan di suatu area tertentu adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena melibatkan pengidentifikasian dampak perubahan iklim terhadap ekosistem.

 

3:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa harus mampu "mendeskripsikan siklus hidup makhluk hidup." Aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini adalah:

A. Memasak makanan.

B. Bermain game komputer.

C. Menggambar benda-benda di sekitar.

D. Mengamati perkembangan tumbuhan dari biji hingga dewasa.

Pembahasan 3:

D. Mengamati perkembangan tumbuhan dari biji hingga dewasa adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena melibatkan deskripsi siklus hidup makhluk hidup.

 

4:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa siswa harus mampu "menggunakan alat ilmiah dalam eksperimen laboratorium." Contoh alat ilmiah yang dapat digunakan dalam eksperimen ini adalah:

A. Kamera.

B. Teleskop.

C. Mikroskop.

D. Mesin cuci.

Pembahasan 4:

C. Mikroskop adalah contoh alat ilmiah yang digunakan dalam eksperimen laboratorium untuk memeriksa struktur mikroskopis benda-benda.

 

5:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa harus mampu "mendeskripsikan sifat-sifat air." Aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini adalah:

A. Menyanyikan lagu tentang angin.

B. Mengukur suhu udara.

C. Membuat model gunung berapi.

D. Mengeksperimen dengan air untuk mengamati apakah mengambang atau tenggelam.

Pembahasan 5:

D. Mengeksperimen dengan air untuk mengamati apakah mengambang atau tenggelam adalah aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai KD ini karena melibatkan deskripsi sifat-sifat air.

 

6:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa siswa harus mampu "mengidentifikasi reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari." Contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah:

A. Menyalakan lilin.

B. Berbicara di telepon.

C. Bersepeda.

D. Menari di panggung.

Pembahasan 6:

A. Menyalakan lilin adalah contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari, di mana lilin mengalami pembakaran yang merupakan reaksi kimia.

 

7:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa harus mampu "menggambarkan perbedaan antara benda hidup dan benda mati." Contoh benda hidup adalah:

A. Batu.

B. Bunga.

C. Gelas.

D. Kertas.

Pembahasan 7:

B. Bunga adalah contoh benda hidup karena memiliki sifat-sifat makhluk hidup seperti pertumbuhan dan pergerakan.

 

8:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa siswa harus mampu "menganalisis data eksperimen untuk menyimpulkan hasilnya." Tujuan utama dari analisis data eksperimen adalah:

A. Membuat gambar yang indah.

B. Menemukan fakta baru.

C. Menghasilkan grafik yang menarik.

D. Mencapai kesimpulan tentang hasil eksperimen.

Pembahasan 8:

D. Mencapai kesimpulan tentang hasil eksperimen adalah tujuan utama dari analisis data eksperimen, yang dapat membantu siswa memahami hasil dari eksperimen yang telah dilakukan.

 

9:KD IPA untuk tingkat sekolah dasar menyatakan bahwa siswa harus mampu "mendeskripsikan peran matahari dalam ekosistem." Salah satu peran matahari dalam ekosistem adalah:

A. Menyediakan oksigen.

B. Menghasilkan panas.

C. Membentuk batuan.

D. Mengontrol cuaca.

Pembahasan 9:

B. Menghasilkan panas adalah salah satu peran matahari dalam ekosistem karena panas matahari merupakan sumber energi utama yang memengaruhi kehidupan di Bumi.

 

10:KD IPA untuk tingkat sekolah menengah menyatakan bahwa siswa harus mampu "mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar genetika dalam pewarisan sifat." Salah satu prinsip dasar genetika adalah:

A. Hukum gravitasi.

B. Hukum termodinamika.

C. Hukum Mendel.

D. Hukum Gauss.

Pembahasan 10:

C. Hukum Mendel adalah salah satu prinsip dasar genetika yang menggambarkan bagaimana sifat-sifat keturunan diturunkan dari generasi ke generasi melalui pewarisan gen.