1:KD IPA kelas 5 mengacu pada aspek apa dalam pembelajaran
IPA?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Semua jawaban benar
Pembahasan 1:
Jawaban: D. Semua jawaban benar
KD IPA dalam pembelajaran IPA mencakup pengetahuan
(knowledge), keterampilan (skills), dan sikap (attitude).
2:Manakah dari berikut ini yang bukan termasuk dalam KD IPA?
A. Memahami sifat-sifat zat cair
B. Menerapkan metode ilmiah dalam penelitian
C. Menghargai pentingnya konservasi alam
D. Menyebutkan simbol-simbol unsur kimia
Pembahasan 2:
Jawaban: D. Menyebutkan simbol-simbol unsur kimia
KD IPA tidak mencakup aktivitas sebatas menyebutkan
simbol-simbol unsur kimia, karena ini lebih berkaitan dengan pengetahuan dasar
(fakta) ketimbang keterampilan atau sikap.
3:KD IPA kelas 6 mencakup pembelajaran tentang sistem tata
surya. Apa aspek pembelajaran yang paling relevan dalam hal ini?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Kesadaran
Pembahasan 3:
Jawaban: A. Pengetahuan
Pembelajaran tentang sistem tata surya lebih fokus pada
pemberian pengetahuan kepada siswa tentang planet, bintang, dan objek-objek
langit lainnya.
4:Seorang siswa sedang mempelajari KD IPA yang berhubungan
dengan ekosistem hutan. Aspek apa yang paling penting untuk dikembangkan dalam
pembelajaran ini?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Intuisi
Pembahasan 4:
Jawaban: C. Sikap
Pembelajaran tentang ekosistem hutan harus mencakup
pengembangan sikap kepedulian terhadap lingkungan dan keberlanjutan.
5:Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari
KD IPA?
A. Meningkatkan literasi sains siswa
B. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis
C. Mendorong kerja kelompok dalam pembelajaran
D. Mempersiapkan siswa untuk ujian nasional
Pembahasan 5:
Jawaban: D. Mempersiapkan siswa untuk ujian nasional
KD IPA lebih berfokus pada pengembangan literasi sains,
kemampuan berpikir kritis, dan sikap positif terhadap IPA, bukan hanya
mempersiapkan siswa untuk ujian nasional.
6:Apa yang paling tepat menjadi fokus pembelajaran pada KD
IPA yang mencakup eksperimen kimia?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Kreativitas
Pembahasan 6:
Jawaban: B. Keterampilan
Pembelajaran eksperimen kimia harus lebih fokus pada
pengembangan keterampilan praktis dan kemampuan melakukan eksperimen.
7:KD IPA pada tingkat SMP mencakup banyak topik, termasuk
genetika. Aspek apa yang paling relevan dalam pembelajaran genetika?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Komunikasi
Pembahasan 7:
Jawaban: A. Pengetahuan
Pembelajaran genetika memerlukan pemberian pengetahuan yang
mendalam tentang konsep genetika seperti alel, pewarisan sifat, dan DNA.
8:Pada KD IPA tingkat SD yang mencakup pengenalan tumbuhan
dan hewan, aspek apa yang paling penting?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Kesadaran
Pembahasan 8:
Jawaban: A. Pengetahuan
Pada tingkat SD, fokus utama adalah memberikan pengetahuan
dasar tentang tumbuhan dan hewan kepada siswa.
9:Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh aspek sikap
dalam KD IPA?
A. Mengidentifikasi organ dalam tubuh manusia
B. Menyelidiki ekosistem sungai
C. Menghargai pentingnya menjaga kebersihan alam
D. Menghitung volume air dalam gelas
Pembahasan 9:
Jawaban: C. Menghargai pentingnya menjaga kebersihan alam
Ini adalah contoh aspek sikap dalam KD IPA karena mencakup
sikap kepedulian terhadap lingkungan.
10:Pada KD IPA tingkat SMA yang berkaitan dengan fisika,
aspek apa yang biasanya lebih menekankan pemahaman konsep dan prinsip fisika?
A. Pengetahuan
B. Keterampilan
C. Sikap
D. Pengamatan
Pembahasan 10:
Jawaban: A. Pengetahuan
KD IPA tingkat SMA dalam bidang fisika cenderung lebih
berfokus pada pemberian pengetahuan tentang konsep dan prinsip fisika yang
mendasari fenomena alam.
0 Comments
Post a Comment