1. Tujuan Pembelajaran: Menganalisis siklus air di alam.
KD: Menjelaskan
siklus air di alam.
Mana di antara
pernyataan berikut yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di
atas?
a. Menggambar
siklus air di alam.
b. Menyebutkan
komponen utama dalam siklus air di alam.
c. Menyebutkan 5
manfaat siklus air bagi manusia.
d. Menyebutkan 5
jenis hewan yang hidup di dalam air.
Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah b. Menyebutkan komponen utama
dalam siklus air di alam. Pernyataan ini mencerminkan pemahaman yang tepat
tentang tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan siklus air di alam.
2. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi sifat-sifat fisik
materi.
KD: Menjelaskan
sifat-sifat fisik materi.
Apa yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menceritakan
sejarah penemuan materi.
b. Menyusun resep
makanan.
c. Menyebutkan
sifat-sifat fisik air.
d. Menggambar peta
geografis.
Pembahasan:Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan
sifat-sifat fisik air. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan
pembelajaran dan KD yang fokus pada sifat-sifat fisik materi, dalam hal ini,
air.
3. Tujuan
Pembelajaran: Merancang eksperimen untuk mengukur suhu larutan dalam berbagai
kondisi.
KD: Melakukan eksperimen untuk mengukur suhu
larutan dalam berbagai kondisi.
Apa yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
manfaat mengukur suhu larutan.
b. Menjelaskan proses peredaman panas.
c. Merancang
eksperimen untuk mengukur suhu udara.
d. Membahas dampak
pemanasan global.
Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Merancang
eksperimen untuk mengukur suhu udara. Ini adalah respons yang relevan terhadap
tujuan pembelajaran dan KD yang fokus pada merancang eksperimen untuk mengukur
suhu larutan.
4. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi tiga lapisan utama
bumi.
KD: Menjelaskan
lapisan-lapisan utama bumi.
Mana yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
empat lapisan utama bumi.
b. Menyebutkan
nama-nama planet dalam tata surya.
c. Menjelaskan
sifat-sifat udara.
d. Menyebutkan
nama-nama jenis tumbuhan di hutan hujan.
Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah a. Menyebutkan empat lapisan utama
bumi. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang
berkaitan dengan identifikasi tiga lapisan utama bumi.
5. Tujuan Pembelajaran: Menghitung kecepatan gerak benda.
KD: Menghitung
kecepatan gerak benda.
Mana yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menjelaskan
sejarah penemuan roda.
b. Menggambar
diagram siklus air.
c. Menghitung jarak
yang ditempuh oleh mobil dalam waktu tertentu.
d. Menyebutkan
komponen sel hewan.
Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Menghitung jarak
yang ditempuh oleh mobil dalam waktu tertentu. Ini adalah respons yang relevan
terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan menghitung kecepatan
gerak benda.
6. Tujuan Pembelajaran: Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi cuaca.
KD: Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca.
Apa yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
penyebab gempa bumi.
b. Menjelaskan
fungsi alat musik.
c. Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi iklim.
d. Menggambar
struktur bunga.
Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi iklim. Ini adalah respons yang relevan terhadap
tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan faktor-faktor yang
mempengaruhi cuaca.
7. Tujuan Pembelajaran: Merancang percobaan untuk mengamati
reaksi kimia.
KD: Melakukan
percobaan untuk mengamati reaksi kimia.
Mana yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
nama-nama unsur dalam tabel periodik.
b. Menyebutkan
manfaat daur ulang kertas.
c. Merancang
percobaan untuk mengamati pembakaran lilin.
d. Menggambar
struktur atom.
Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah c. Merancang percobaan untuk
mengamati pembakaran lilin. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan
pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan merancang percobaan untuk mengamati
reaksi kimia.
8. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi bagian-bagian utama
sistem pencernaan manusia.
KD: Menjelaskan sistem
pencernaan manusia.
Apa yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia.
b. Menyebutkan
jenis-jenis makanan favorit.
c. Menyebutkan
bagian-bagian utama sistem pencernaan manusia.
d. Menggambar
siklus fotosintesis.
Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan bagian-bagian utama
sistem pencernaan manusia. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan
pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan mengidentifikasi bagian-bagian utama
sistem pencernaan manusia.
9. Tujuan Pembelajaran: Mendemonstrasikan metode penanaman
tanaman.
KD: Melakukan
penanaman tanaman.
Mana yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
nama-nama bahan kimia dalam tabel periodik.
b. Menggambar
struktur molekul air.
c.
Mendemonstrasikan metode penanaman tanaman tomat.
d. Menyebutkan
jenis-jenis batuan.
Pembahasan:
Jawaban yang benar adalah c. Mendemonstrasikan metode
penanaman tanaman tomat. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan
pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan mendemonstrasikan metode penanaman
tanaman.
10. Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan dampak polusi udara
terhadap lingkungan.
KD: Menjelaskan
dampak polusi udara terhadap lingkungan.
Apa yang paling
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?
a. Menyebutkan
manfaat menghemat air.
b. Menjelaskan
siklus kehidupan hewan.
c. Menjelaskan
dampak polusi udara terhadap kualitas air.
d. Menyebutkan
nama-nama planet di tata surya.
Pembahasan 10:
Jawaban yang benar adalah c. Menjelaskan dampak polusi udara terhadap
kualitas air. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan
KD yang berkaitan dengan menjelaskan dampak polusi udara terhadap lingkungan.
0 Comments
Post a Comment