1. Tujuan Pembelajaran: Menganalisis siklus air di alam.

   KD: Menjelaskan siklus air di alam.

  Mana di antara pernyataan berikut yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menggambar siklus air di alam.

   b. Menyebutkan komponen utama dalam siklus air di alam.

   c. Menyebutkan 5 manfaat siklus air bagi manusia.

   d. Menyebutkan 5 jenis hewan yang hidup di dalam air.

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah b. Menyebutkan komponen utama dalam siklus air di alam. Pernyataan ini mencerminkan pemahaman yang tepat tentang tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan siklus air di alam.

 

2. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi sifat-sifat fisik materi.

   KD: Menjelaskan sifat-sifat fisik materi.

   Apa yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menceritakan sejarah penemuan materi.

   b. Menyusun resep makanan.

   c. Menyebutkan sifat-sifat fisik air.

   d. Menggambar peta geografis.

Pembahasan:Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan sifat-sifat fisik air. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang fokus pada sifat-sifat fisik materi, dalam hal ini, air.

 

3.  Tujuan Pembelajaran: Merancang eksperimen untuk mengukur suhu larutan dalam berbagai kondisi.

  KD: Melakukan eksperimen untuk mengukur suhu larutan dalam berbagai kondisi.

   Apa yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan manfaat mengukur suhu larutan.

   b. Menjelaskan proses peredaman panas.

   c. Merancang eksperimen untuk mengukur suhu udara.

   d. Membahas dampak pemanasan global.

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Merancang eksperimen untuk mengukur suhu udara. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang fokus pada merancang eksperimen untuk mengukur suhu larutan.

 

4. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi tiga lapisan utama bumi.

   KD: Menjelaskan lapisan-lapisan utama bumi.

   Mana yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan empat lapisan utama bumi.

   b. Menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya.

   c. Menjelaskan sifat-sifat udara.

   d. Menyebutkan nama-nama jenis tumbuhan di hutan hujan.

   Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah a. Menyebutkan empat lapisan utama bumi. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan identifikasi tiga lapisan utama bumi.

 

5. Tujuan Pembelajaran: Menghitung kecepatan gerak benda.

   KD: Menghitung kecepatan gerak benda.

   Mana yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menjelaskan sejarah penemuan roda.

   b. Menggambar diagram siklus air.

   c. Menghitung jarak yang ditempuh oleh mobil dalam waktu tertentu.

   d. Menyebutkan komponen sel hewan.

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Menghitung jarak yang ditempuh oleh mobil dalam waktu tertentu. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan menghitung kecepatan gerak benda.

 

6. Tujuan Pembelajaran: Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca.

   KD: Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca.

   Apa yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan penyebab gempa bumi.

   b. Menjelaskan fungsi alat musik.

   c. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi iklim.

   d. Menggambar struktur bunga.

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi iklim. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi cuaca.

 

7. Tujuan Pembelajaran: Merancang percobaan untuk mengamati reaksi kimia.

   KD: Melakukan percobaan untuk mengamati reaksi kimia.

   Mana yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan nama-nama unsur dalam tabel periodik.

   b. Menyebutkan manfaat daur ulang kertas.

   c. Merancang percobaan untuk mengamati pembakaran lilin.

   d. Menggambar struktur atom.

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah c. Merancang percobaan untuk mengamati pembakaran lilin. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan merancang percobaan untuk mengamati reaksi kimia.

 

8. Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi bagian-bagian utama sistem pencernaan manusia.

   KD: Menjelaskan sistem pencernaan manusia.

   Apa yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan jenis-jenis tulang dalam tubuh manusia.

   b. Menyebutkan jenis-jenis makanan favorit.

   c. Menyebutkan bagian-bagian utama sistem pencernaan manusia.

   d. Menggambar siklus fotosintesis.

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah c. Menyebutkan bagian-bagian utama sistem pencernaan manusia. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan mengidentifikasi bagian-bagian utama sistem pencernaan manusia.

 

9. Tujuan Pembelajaran: Mendemonstrasikan metode penanaman tanaman.

   KD: Melakukan penanaman tanaman.

   Mana yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

   a. Menyebutkan nama-nama bahan kimia dalam tabel periodik.

   b. Menggambar struktur molekul air.

   c. Mendemonstrasikan metode penanaman tanaman tomat.

   d. Menyebutkan jenis-jenis batuan.

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah c. Mendemonstrasikan metode penanaman tanaman tomat. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan mendemonstrasikan metode penanaman tanaman.

 

10. Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan dampak polusi udara terhadap lingkungan.

    KD: Menjelaskan dampak polusi udara terhadap lingkungan.

    Apa yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD di atas?

    a. Menyebutkan manfaat menghemat air.

    b. Menjelaskan siklus kehidupan hewan.

    c. Menjelaskan dampak polusi udara terhadap kualitas air.

    d. Menyebutkan nama-nama planet di tata surya.

Pembahasan 10:  Jawaban yang benar adalah c. Menjelaskan dampak polusi udara terhadap kualitas air. Ini adalah respons yang relevan terhadap tujuan pembelajaran dan KD yang berkaitan dengan menjelaskan dampak polusi udara terhadap lingkungan.